Hari jadi
BANGNES.COM- Hari jadi labusel jatuh di tanggal 21 juli 2024, belum terlaksanakan untuk dirayakan masyarakat labuhan batu Selatan secara umum.


 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan, menggelar Rapat Pelaksanaan Paripurna Istimewa berdasarkan Perda no 16 tahun 2012 tentang hari jadi labusel ke 16 yang dipimpin ketua DPRD labusel H. Ediy Parapat, senin, 22/7/2024.


 Selanjutnya Plh, Sekretaris DPRD Labusel, Ali Hasan Hasibuan membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Labuhanbatu Selatan sejak 21 Juli 2008 – 21 Juli 2024.

 Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin dalam sambutannya menyampaikan Dirgahayu Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke 16 Tahun 2024. Hal ini patut di syukuri karena dengan bertambahnya usia kabupaten, diharapkan kedepannya akan semakin berkembang.

 Momentum hari jadi ini dapat menjadi repleksi atas pembangunan yang sudah dan akan di laksanakan demi terwujudnya masyarakat yang berkemajuan. “Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap komponen masyarakat yang telah bekerja sama dan tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun daerah yang kita cintai ini dengan kebersamaan.

 Semoga kebersamaan tetap dapat di pertahankan dan di tingkatkan di masa mendatang,” ujar Bupati Sementara Pj. Gubernur Sumatera Utara yang di wakili Kadis PUPR Propinsi Sumatera Utara, Mulyono, dalam sambutannya menyampaikan, dengan hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan ke 16 kiranya dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mampu meningkatkan daya saing dalam menargetkan prestasi untuk mempercepat pencapaian kemakmuran masyarakat. 

 Beliau juga menyampaikan, pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, namun menjadi tanggung jawab bersama semua elemen yang ada menuju pembangunan yang berkelanjutan. Setelah do’a yang di sampaikan Ketua MUI Kabupaten Labuhanbatu Selatan, H. Maratamin Harahap, acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua DPRD, Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan.

 Setelah itu dilanjutkan pemberian cendra mata kepada tokoh pemekaran, kesultanan kotapinang dan pejabat lainnya.

 Setelah itu penyerahan tanggul kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, untuk juara I diraih Kecamatan Torgamba, Juara II diraih kecamatan Sei Kanan, Juara III diraih Kecamatan Kotapinang, Harapan I diraih Kecamatan Silangkitang dan harapan II di raih Kecamatan Kampung Rakyat. 

 Salah seorang tokoh pemekaran, Drs. Rivai Nasution pada media mengatakan "Pada momentum hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan. 

Di usia yang ke 16 tahun ini masih banyak yang perlu di perhatikan terkait masalah infrastruktur, terutama jalan lintas yang telah lama terbengkalai, serta belum ada di dirikannya monumen pemekaran meskipun prasasti pemekaran yang terpasang sebagai sejarah untuk di ketahui generasi selanjutnya,". Penjelasan nya. 

 Untuk itu beliau berharap agar secepatnya bangunan monumen pemekaran dapat dibangun agar masyarakat mengetahui hasil perjuangan pendahulu saat berjuang memekarkan diri dari Labuhanbatu. 

 Dalam rapat paripurna istimewa hadir Bupati, H. Edimin, Wakil Bupati, H. Ahmad Padli Tanjung,SAg, Ketua DPRD Labusel, H. Eddy Parapat dan jajaran, Mayor Inf Hendra Gunawan mewakili Dandim 0209/LB, Kapolres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak, Plh. Sekda, Drs. Fuadi, Ketua TP. PKK Hj. Darni Hatna Saima, Hj. Megawarni Harahap, para asisten, OPD, Kakankemenag Labusel, Drs. H. Maslin Pulungan, Drs. Rivai Nasution, Perwakilan kesultanan kotapinang, T. Asri Syahputra, H. Aswad Alwi, Ketua FPK Labusel, Faisal Nasution, Ketua PPM Labusel, H. Panaluon Siregar, Arasaddin Nasution, Ketua IDI Labusel, Pimpinan Bank Sumut, Perwakilan Perusahaan, para camat dan PJ. Kepala Desa se Labuhanbatu Selatan serta undangan lainnya.

 Terpisah, acara kelanjutan nya untuk serba serbi resepsi sekaligus pemotongan kue dan tiup lilin Harla labusel Ke 16 tahun di laksanakan pada malam hari nya di rumah dinas Bupati labuhan batu Selatan. (Nh)
Baca Juga :