Sambut Kemerdekaan

BANGNES.COM - Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-79, dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" di Kampung-kampung dan di jalanan Kota sudah banyak terpasang pernak-pernik, baik bendera merah-putih maupun umbul-umbul.

Seperti yang terlihat di Rusunawa Benowo-Pakal yang berada di Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya. 

Di sepanjang jalan menuju Rusun milik pemerintah kota (pemkot) Surabaya tersebut, warga penghuni rusun menghiasinya dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. 

Selain itu, warga penghuni juga membuat sebuah Gapura di pintu masuk Rusunawa.

Muhamad Santoso salah satu penghuni rusun mengatakan, hari kemerdekaan ini merupakan momen tiap tahun yang di peringati oleh seluruh bangsa Indonesia, maka dari itu warga Rusunawa Benowo-Pakal juga ingin memeriahkan nya dengan menghias dan memasang bendera seperti Kampung-kampung yang lain.

"Warga rusun juga ingin menyemarakan hari kemerdekaan RI ke 79, seperti Kampung-kampung yang lain, dengan memasang bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan menuju rusun, warga juga buat gapura di pintu masuk," Kata San, sapaan akrabnya, rabu (7/8/2024).

San menambahkan, tak hanya membuat gapura dan mengecat disepanjang jalan di pintu masuk rusun saja, ia dan warga juga kerja bakti dengan membersihkan dan menebang pohon yang menjalar di area sekitar rusun.

”Sebagian besar warga rusun kalau siang kerja, jadi menghias dan kerja bakti baru dilakukan pada malam hari, sekaligus biar warga lebih guyub dan rukun," tambah San.

San menjelaskan, meskipun kita tinggal di rusunawa milik pemkot Surabaya kita berkewajiban merawat dan menjaga kebersihan dan ketertiban karena kita tinggal disini.

"untuk semua biaya yang digunakan berasal dari patungan warga, kalau untuk bendera di beri Pak Camat dari Kecamatan Pakal," Jelas San. (SS)

Baca Juga :