Bibit Sawit

BANGNES.COM - Sebagaimana yang menjadi program pemerintah PT Sumber Tani Agung (STA) dalam rangka mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, telah memberikan bibit sawit kepada kedua kelompok tani yang telah memenuhi persyaratan yang diminta oleh perusahaan tersebut.

Pemberian bibit sawit kepada dua kelompok tani yang si sebut kelompok tani Mitra HUGO dan Maju Bersama, di tahun 2023 lalu, hal ini disebutkan Humas PT STA Biano Tamba kepada awak media Kamis, 8/8/2024.

Biano Tamba mengatakan "Perusahaan telah memberikan bibit sawit kepada dua kelompok tani sejumlah 19039 pokok bibit sawit. 

Pemberian bibit sawit dari perusahaan bisa kami berikan harus melengkapi copy surat tanah yang benar ada tanah nya sesuai asli  surat tanah, copy kartu keluarga, foto copy KTP kemudian dilakukan musyawarah (rapat) untuk memberikan sosialisasi pembinaan penanaman bibit sawit, agar petani memiliki pohon sawit yang berkualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian masyarakat tanpa ada kata ikatan (MOU). 

Perusahaan akan meninjau langsung dalam pengukuran luas areal tanah dengan mengalikan 136 pokok /hektar dengan perjanjian, masyarakat kelompok tani tidak di perbolehkan menjual bibit sawit yg di berikan," ucap nya.

Bibit sawit yang di berikan perusahaan untuk kelompok tani maju bersama anggota sebanyak 53 orang dengan bantuan 9590 pokok bibit sawit dan untuk kelompok tani Mitra Hugo sebanyak 48 orang di berikan bibit sawit sebanyak 9449 pokok bibit sawit, usia bibit yang di berikan 14 bulan dengan kwalitas yang baik," Biano tamba menjelaskan.

Di tempat yang terpisah, awak media turun melihat keberadaan penanaman pokok bibit sawit yang telah tertanam dan kini telah berbuah dompet di daerah kelompok tani tersebut.

H. Syawaludin dalimunthe salah seorang anggota kelompok tani membenarkan adanya bantuan plasma bibit sawit yg di berikan perusahaan STA padanya sejumlah 668 pokok dengan luas lahan 5 Ha, dan begitu juga dengan Pangaribuan Siregar selaku ketua kelompok tani mengatakan "Ini lah bibit sawit yang diberikan PT STA kepada masyarakat kelompok tani kami, kini sudah ada yang berdompet bahkan sudah ada yang berbuah pasir, kami kelompok tani juga sangat berharap untuk lebih berkualitas lagi pokok sawit ini dan menghasilkan produksi yang lebih baik lagi agar kiranya perusahaan dapat memberikan bantuan berupa pupuk," mengakhiri ucapannya. (Nh)

Baca Juga :