Karang taruna

BANGNES.COM - Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada jumat malam 9 Agustus 2024, melantik puluhan pengurus karang taruna (Kartar) Surabaya periode 2024-2029 di Balai Pemuda Alun -Alun Kota Surabaya.

Dalam acara pelantikan tersebut Eri langsung menugaskan Kartar Surabaya untuk ikut pendataan stunting hingga kemiskinan di tingkat RW, sebagai bentuk tanggung jawab seluruh Kartar Surabaya untuk membantu program kelurahan dan kecamatan.

“Menggerakkan bersama anak muda dan kartar ini garda terdepan kegiatan sosial. Kalau hari ini masih ada yang tidak bisa sekolah, makan, tapi pemuda kampung gak ngerti, maka jiwa kartar itu sudah mati, maka kita munculkan jiwa-jiwa itu,” ujar Eri, Jumat (9/8/2024).

Maka dari itu, Eri berharap tidak ada lagi anak putus sekolah, penderita stunting yang belum diintervensi, atau aset pemkot yang belum dimanfaatkan secara maksimal, termasuk, membantu menyalurkan pemuda yang siap kerja dan sesuai kebutuhan perusahaan.

“Kartar harus tahu siapa yang gak bisa sekolah, makan, butuh sesuatu, jadi penggerak ke bawah. Di tiap RW. Bergerak bersama lurah camat RW-nya. Asetnya pemkot bisa digerakkan bersama dengan kartar,” jelas Eri.

Sementara itu Ketua Karang Taruna (Kartar) Surabaya terpilih  periode 2024-2029 Febri Kiswanto mengaku siap untuk turun lapangan membantu kecamatan dan kelurahan dalam penanganan stunting hingga kemiskinan.

“Kita berharap kartar bisa mengembalikan fitrah dan kesolidannya, dan kita harap bisa turun ke bawah menyamakan langkah dengan teman-teman kelurahan, kecamatan, sebagaimana fungsi kartar sebagai aktualisasi pemuda dan membersamai Pemkot Surabaya,” ucap Febri.

Diketahui dalam pelantikan Kantor tersebut setidaknya ada total pengurus yang dilantik hari ini ada 99 pemuda, mewakili 31 kecamatan dan 131 kelurahan di Surabaya. 

“Kita harapkan momen ini penguatan penyoliditasan seluruh kartar,” pungkas Febri.(SS)

Baca Juga :